banner1

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Bangkalan

PRANATA KOMPUTER PA BANGKALAN TELAH SELESAIKAN RANGKAIAN PELATIHAN PBJ

Written by Salma on .

PRANATA KOMPUTER PA BANGKALAN TELAH SELESAIKAN RANGKAIAN PELATIHAN PBJ

 

Pranata Komputer PA Bangkalan, Salma Nurkhafidoh, S.Kom., telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Kegiatan ini telah dimulai dari tanggal 30 Mei 2023 dengan agenda pertemuan secara virtual. Setelah pembelajaran secara virtual, juga dilaksanakan secara offline yang diadakan di  BPSDM Jawa Timur yang beralamatkan di Jl. Kawi No. 41 Malang. Kegiatan offline ini dilaksanakan dari tanggal 11 Juni 2023 – 15 Juni 2023. 

Whats-App-Image-2023-06-16-at-09-16-20

Kegiatan pelatihan barang dan jasa ini dilaksanakan tentunya dalam rangka meningkatkan kompetensi aparatur peradilan. Pengadilan Agama Bangkalan pun secara penuh mendukung program yang diadakan oleh Mahkamah Agung ini. Pranata Komputer Pengadilan Agama Bangkalan pun dengan antusias dan semaangat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dan sertifikasi kompetensi pengadaan barang dan jasa pemerintah ini. Saudari Salma Nurkhafidoh berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan kontribusi penuh kepada satuan kerja maupun terlebih kepada Mahkamah Agung selaku instandi induk. “ Saya berharap dapat mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini dengan lancar dan dapat lulus. Semoga apa yang saya kerjakan mampu memberikan dampak positif pada satuan kerja dan instansi saya” Ucap Salma.

Kegiatan tatap muka offline ini dimulai dari hari minggu tanggal 11 Juni 2023 dengan agenda penerimaan peserta di BPSDM Jawa Timur. Peserta dari Pengadilan Agama Bangkalan pun dengan tertib dan tepat waktu mengikuti peraturan yang telah diagendakan panitia. Pembelajaran intipun dimulai pada Hari Senin (12/06/2023). Pada Hari Senini ini, terdapat pemaparan 4 materi pokok. Materi- Materi tersebut antara lain adalah : Pengantar Manajemen Rantai Pasok/Supply Chain Manajemen (SCM), Pengantar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP), Perencanaan Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah (PBJP) Level-1, Perencanaan Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah (PBJP) Level-1.

Whats-App-Image-2023-06-16-at-09-10-24

Kegiatan harian peserta dimulai dari pukul 08.00 WIB. Para peserta pun dengan Angkatan masing-masing mengikuti kegiatan ini dengan tertib. Rata-Rata kegiatan akan selesai pada sore hari kurang lebih pada pukul 17.00 WIB. Pada hari ketiga kegiatan offline, kegiatan masih diisi dengan pemaparan materi. Para fasilitator pun terkagum dengan antusias para peserta. Salah satu fasilitatior dari Biro Pengadaan Barang/Jasa Provinsi Jawa Timur pun mengapresiasi para peserta. “Terimakasih atas antusiasme teman-teman semua dalam pelatihan pengadaan barang dan jasa. semoga ilmu nya bisa bermanfaat kedepannya” Ucap Bapak Prahara Satria Ramadhan, S.STP., M.A.P. Kegiatan harian peserta dimulai dari pukul 08.00 WIB Setelah pemaparan materi selesai, peserta dihadapkan dengan ujian sertifikasi PBJP. Agenda ini dilaksanakan di hari terakhir yaitu pada hari kamis (15/06/2023). Pranata Komputer PA Bangkalan pun dapat menyelesaikan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.(wir)

PA BANGKALAN HADIRI SOSIALISASI MIGRASI APLIKASI GPP DESKTOP

Written by Salma on .

PA BANGKALAN HADIRI SOSIALISASI MIGRASI APLIKASI GPP DESKTOP

 

Bangkalan – Pada Jumat (16/6/2023), berdasarkan Undangan Nomor S-339/KPN.1605/2023 perihal Sosialisasi Migrasi Aplikasi GPP Desktop ke Aplikasi Gaji Web pada seluruh K/L. Pegawai yang menghadiri kegiatan sosialisasi ini adalah Puspita Nur Astuti, S.E., M.H selaku Kasubbag Umum dan Keuangan serta Intan Pratiwi, S.E. selaku Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan. Kegiatan ini dimulai pada pukul 9.00 – 10.30 WIB yang diselenggarakan oleh KPPN Pamekasan secara daring. Agenda tersebut diselenggarakan sehubungan dengan Implementasi Aplikasi Gaji Web Tahun 2023.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pemberian kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak Anto Dwi Purwanto, S.E., M.M. selaku Kepala Seksi Manajemen Sakter dan Kepatuhan Internal sekaligus Plt. Kepala Seksi Pencairan Dana. “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi migrasi aplikasi GPP Desktop ke aplikasi gaji web untuk PNS Pusat. Dengan adanya aplikasi gaji web nantinya, maka aplikasi gpp desktop akan dipensiunkan, dan proses migrasi akan berlangsung dari tanggal 19-23 Juni 2023. Dimohon kepada Bapak/Ibu dapat memahami materi yang akan disampaikan nanti”, ujar beliau.

Whats-App-Image-2023-06-16-at-09-30-14
sosialisasi-gpp-gaji-web

Acara selanjutnya adalah adalah pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Harris A. Farman dari KPPN Pamekasan. Penyampaian materi terkait petunjuk teknis penggunaan gaji web, antara lain tata cara mengelola sistem, fitur-fitur yang tersedia dalam Aplikasi Gaji Web, dan beberapa masalah yang muncul selama dan setelah migrasi serta bagaimana penanganannya. Selain itu, pemateri juga memberikan panduan dan mempraktekkan tahapan migrasi GPP Desktop ke Gaji Web. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta bimbingan teknis.

Implementasi migrasi dari GPP Desktop ke aplikasi Gaji Web akan digunakan dalam rangka aplikasi gaji yang juga mencakup uang makan dan lembur, sedangkan untuk pembayaran tukin akan dilakukan penyiapan interkoneksi dan sistem pada aplikasi SAKTI. Implementasi migrasi aplikasi gaji ini didasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor KEP-51/PB/2023 tentang Penetapan Tahapan Pelaksanaan Migrasi Aplikasi Gaji Modul Satker Berbasis Web Tahap II bagi Satuan Kerja Non interkoneksi. Oleh karena itu, KPPN Pamekasan menghimbau kepada seluruh Kementrian / Lembaga agar wajib telah mengajukan pengujian Gaji Juli 2023 sebelum 19 Juni 2023. Hal tersebut dikarenakan per 19 Juni 2023 Aplikasi GPP Desktop tidak lagi digunakan untuk seluruh jenis gaji PNS Pusat dan hanya akan diperuntukkan untuk P3K. (ip)

HAKIM PA BANGKALAN IKUTI PEMBUKAAN KEGIATAN FIT AND PROPER TEST SECARA VIRTUAL

Written by Salma on .

HAKIM PA BANGKALAN IKUTI PEMBUKAAN KEGIATAN FIT AND PROPER TEST SECARA VIRTUAL

Bangkalan – Pada hari Jumat (16/06/2023), Ibu Hapsah, S.H.I selaku Hakim Pengadilan Agama Bangkalan mengikuti pembukan kegiatan Uji Kepatutan dan Kelayakan (Fit and Proper Test). Ibu Hapsah, S.H.I. mengikuti pembukaan ini di Media Center Pengadilan Agama Bangkalan. Ibu Hapsah, S.H.I. sendiri merupakan peserta kegiatan Fit and Proper Test ini. Beliau merupakan peserta calon wakil ketua pengadilan agama /mahkamah syariah kelas II tahun 2023. Hal ini sesuai dengan surat dari Badilag dengan nomor surat 1461/DJA/KP.04.6/5/2023.

jmt-2

Kegiatan pembukaan dimulai pada pukul 08.30 WIB dan diikuti sebanyak 126 partisipan dari beberapa pengadilan agama. Acara dimulai dengan pembukaan oleh mc dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Setelah itu kegiatan selanjutnya adalah pembacaan lantunan ayat suci oleh Hakim Pengadilan Agama Klaten. Setelah pembacaan ayat suci dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Dr. Abdurrahman Rahim, S.H., M.H. setelah itu adalah laporan kegiatan oleh Ketua Panitia Mutasi Hakim. Beliau memberikan harapan untuk kegiatan ini. “ Selaku panitia saya berharap rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar dan seluruh peserta dapat mengikuti assessment ini dengan baik. Kegiatan selanjutnya yaitu sambutan oleh Asesor SDM MA dan juga Plt Dirjen Badilag.

Kegiatan pembukaan ini juga dihadiri oleh Bapak Dr. Drs. Aco Nur S.H., M.H selaku Asesor Sumber Daya Manusia Mahkamah Agung. Beliau pun berkesempatan hadir pada kegiatan kali ini untuk memberikan motivasi-motivasi kepada para peserta. Selain itu, beliau juga bercerita mengenai profil assessment dari badilag ini. “ Assessment  center yang diprakarsai dan dikembang kan oleh Badilag ini merupakan suatu usaha yang tidak main main dari Badilag untuk mencetak pemimpin-pemimpin berkualitas.

Whats-App-Image-2023-06-16-at-10-22-47

Setelah sambutan oleh Asesor Utama SDM, dilanjutkan dengan sambutan oleh Plt. Dirjen Badilag yaitu Bapak Bambang H. Mulyono. Beliau memberikan sambutan sekaligus membuka resmi kegiatan Fit and Proper test ini. Plt. Dirjen Badilag dengan tegas menyatakan bahwa assessment ini dilakukan menerapkan sistem merit yang tentunya sangat membuka kesempatan adil pada para peserta. “ pada assessment ini kita jamin digelar dengan sistem maerit sehingga kami tidak membeda-membedakan peserta dari ras, suku, ataupun unsur lainnya. Tapi kami benar-benar menilai dari kapabilitas peserta”. Beliau menyampaikan tahapan fit and proper ini, yaitu antara lain ujian hafalan dan pemahaman ayat suci al-quran, ujian praktek penguasaan TI, ujian profil assessment dan yang terakhir adalah wawancara.(wir)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bangkalan

Jl. Soekarno Hatta No. 49 Bangkalan

Telp: 031-3095582
Fax:  031-3061482

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Jam Pelayanan

Jam Kerja

Senin - Kamis: 07:30 - 16:00 WIB
Jum'at : 07:00 - 16:00 WIB

Jam Istirahat
Senin - Kamis: 12:00 - 13:00 WIB
Jum'at : 11:30 - 13:00 WIB

Jadwal Sidang
Senin - Kamis : Pukul 09:00 - Selesai

Pengadilan Agama Bangkalan@2019